Sabtu, 10 Maret 2012

3 Indeks Baru

Tau gak kalian semua kalo BEI bulan depan alias bulan April akan megeluarkan 3 indeks baru untuk mengakomodasi pasar? Tapi sebelumnya mau nanya nih, pada tau ga macam-macam indeks saham yang ada di BEI? Bagi yang belum tau apa aja indeks yang ada di BEI, berikut adalah daftarnya:
  1. IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) : Perhitungan indeksnya dihitung dari semua perusahaan yang listing di BEI 
  2. Indeks Sektoral : Perhitungan indeksnya berdasarkan perusahaan-perusahaan di masing-masing sektor
  3. LQ45 (Liquid 45) : Indeks yang terdiri dari 45 perusahaan yang dipilih berdasarkan likuiditas dan kapitalisasi pasarnya yang kriterianya sudah ditentukan.
  4. JII (Jakarta Islamic Index) : Indeks yang menggunakan 30 saham yang masuk kriteria syariah
  5. Indeks Kompas100 : Indeks yang terdiri dari 100 saham yang dipilih berdasarkn likuiditas dan kapotalisasi pasarnya
  6. Indeks Bisnis-27 : Indeks yang terdiri dari 27 saham yang dinilai dari aspek teknikal, fundamental, akuntanbilitas dan tata kelola perusahaan
  7. Indeks PEFINDO25 : Indeks yang terdiri dari 25 perusahaan yang dipilih berdasarkan total aset perusahaan, ROE, dan opini akuntan publik
  8. Indeks Sri-Kehati : Indeks ini terdiri dari 25 perusahaan yang dinilai berdasarkan total aset, PER, dan free float
  9. Indeks Papan Utama : Menggunakan saham-saham Perusahaan Tercatat yang masuk dalam Papan Utama.
  10. Indeks Papan Pengembangan : Mengguanakn saham-saham Perusahaan Tercatat yang masuk dalam Papan Pengembangan.
  11. Indeks Individual : Indeks harga saham masing-masing Perusahaan Tercatat.
Nah sekarang udah tau kan 11 indeks yang ada di BEI. Tapi ternyata 11 saja tidak cukup karena sebentar lagi indeks baru yaitu indeks 30, indeks infrastruktur, dan indeks perbankan akan segera diluncurkan. Loh kenapa?

Menurut Direktur Pengembangan BEI Frederica Widyasari Dewi, 3 indeks baru tersebut diluncurkan untuk mengakomodasi pelaku pasar yang ingin merilis reksa dana yang diperdagangkan di bursa atau ETF. Dia juga menjelaskan bahwa indeks 30 mirip dengan indeks LQ-45 tetapi akan dilihat dari likuiditas, frekuensi perdagangan, volume serta kapitalisasi pasar.

seperti yang kita ketahui bahwa LQ-45 merupakan andalan BEI, tetapi ternyata tidak mudah belanja saham-saham itu untuk ETF (Exchange Traded Fund) maka dari itu dibuatlah indeks 30 yang hanya berisi 30 perusahaan yang paling likuid.

sejauh ini menurut Frederica, Indeks LQ-45 sagat dipercaya oleh industri pasar modal bahkan di Jepang tahun lalu sudah menggunakan indeks yang terdiri dari 45 saham itu dan manajer di Hong Kong baru-baru ini juga megacu pada Indeks LQ-45 tersebut.

Wow ternyata pasar modal kita terkenal juga ya di Asia. Berita yang menurut saya sangat positif agar sekotr lainnya pun berbenah. sekian dari saya wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar