Rabu, 07 Maret 2012

Sistem Informasi Pemasaran

Senin 5 Maret 2012 kemarin adalah hari pertama saya mengikuti kegiatan IMA Universitas Widyatama. setiap pertemuannya, IMA selalu menggelar kelas presentasi dimana salah seorang anggota IMA akan menjelaskan tentang konsep-konsep Pemasaran. kebetulan tema yang diambil kali ini adalah Sistem Informasi Pemasaran.

jadi apa itu Sistem Informasi Pemasaran? Sistem Informasi Pemasaran (SIP) itu terdiri dari manusia, peralatan, dan prosedur untuk mengumpulkan, mengatur, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi yang dibutuhkan, tepat waktu, dan akurat kepada pembuat keputusan pemasaran.

inti dari SIP itu sendiri pada ujungnya adalah pembuatan keputusan pemasaran. lalu pertanyaan selanjutnya adalah darimana kita mendapatkan data untuk mendukung keputusan pemasaran yang kita buat? ada beberapa cara untuk mendapatkan data atau informasi sebagai penunjang pembuatan keputusan investasi yaitu sebagai berikut:
1. Catatan Internal
Kebanyakan manajer pemasaran menggunakan catatan dan laporan internal secara teratur, terutama untuk mengambil keputusan perencanaan, implementasi dan pengendalian tugas sehari-hari. Informasi catatan internal terdiri dari informasi yang dikumpulkan dari sumber di dalam perusahaan untuk mengevaluasi kinerja pemasaran dan untuk mengetahui masalah serta pemasaran.

2. Pengetahuan Pemasaran 
Pengetahuan pemasaran adalah informasi sehari-hari mengenai perkembangan dilingkungan pemasaran yang membantu manajer menyiapkan dan menyesuaikan rencana pemasaran. Sistem pengetahuan pemasaran menetapkan pengetahuan apa yang dibutuhklan, mengumpulkannya dengan mencari dalam lingkungan, dan menyampaikan kepada manajer.

3. Riset Pemasaran
Riset pemasaran sebagai fungsi yang menghubungkan pemasar dengan konsumen, pelanggan, dan publik lewat informasi. Informasi itu dipergunakan untuk mengetahui dan menentukan peluang serta masalah pemasaran, untuk menghasilkan, mempertajam, dan mengevaluasi tindakan pemasaran, untuk memantau kinerja pemasaran dan memperbaiki pemahaman mengenai proses pemasaran. Peneliti pemasaran terlibat dalam berbagai macam aktivitas, dari telaah potensi pasar dan pangsa pasar, untuk menilai kepuasan pelanggan dan tingkah laku membeli, untuk mempelajari aktivitas penetapan harga, produk, distribusi, dan promosi.

nah setelah mendapatkan data-data atau informasi yang dibutuhkan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah analisis informasi. disini peran manajer pemasaran akan sangatterlihat karena hasil  dari analisis tersebut akan didistribusikan dan akan menjadi acuan dalam pembuatan keputusan investasi. hasil riil dari keputusan pemasaran itu sendiri dapat berupa 4P yaitu Product, Place, Price and Promotion .

jadi intinya, Product, Place, Price and Promotion adalah hasil dari Sistem Informasi Pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar