Jumat, 07 Desember 2012

6 Star Characters


Pada hari Minggu 2 Desember 2012, saya dan beberapa teman saya menyempatkan diri untuk mengikuti program 55.000 Astra Berbagi Ilmu yang diselenggarakan oleh PT. Astra International Tbk. Ada beberapa hal yang saya dapatkan pada pertemuan itu yang tentunya membuat saya terpacu untuk menjadi lebioh baik lagi.
Pada pertemuan itu, Manajer HR PT Astra Buana menjelaskan bahwa ada 6 karakter dari individu yang dinilai perlu dimiliki suatu individu oleh Astra dan tentunya oleh perusahaan lain. 6 karakter tersebut adalh cerminan kualitas dari suatu individu. Apa saja 6 karakter itu?
1.       Trustworthy
Apa itu trustworthy? Trustworthy adalah ketika seseorang dipercaya oleh individu lainnya. Apa yang menyebabkan suatu individu dipercaya oleh individu lainnya? Kinerja dan kejujuran menjadi hal utama yang dapat menciptakan trustworthy. Kinerja yang baik akan membuat individu lain mempercayai kita dalam mengerjakansesuatu sehingga mereka tidak enggan untuk memberikan tugas kepada kita. Melaksanakan tugas dengan jujur juga menciptakan trustworthy dimana tidak ada seorang pun yang menyukai untuk dibohongi. Karena berbohong hanya akan menanam aib yang akan terbuka di masa depan.
2.       Humility
Yang dimaksud dengan humility adalah kerendahan hati dimana kerendahan hati juga menjadi salah satu kunci kesuksesan kita. Ketika kita terbuai dengan kekuasaan yang kita miliki maka suatu individu akan cenderung menggunakan kekuasaan tersebut untuk hal yang tidak baik. Hal ini tentu akan merusak hubungan kita dengan stakeholder kita. Dengan rendah hati, kita kita akan dapat lebih menghargai kinerja seseorang.
3.       Openness
Openness adalah keterbukaan. Mengapa keterbukaan penting dimiliki oleh seseorang? Karena dengan keterbukaan kita akan memperkaya cara pandang kita terhadap suatu objek. Kita dapat menilai suatu objek dengan berbagai pandangan yang tentunya akan menguntungkan kita pada situasi tertentu.
4.       Courage
Kebranian pun harus dimiliki oleh seseorang agar dapat lebih maju. Keberanian diperlukan agar seseorang dapat menunjukkan kepada semua khalayak tentang apa yang dimilikinya. Tanpa, kebranian maka kemampuan tersebut tidak akan bersinar. Tanpa keberanian, maka kita tidak akan maju untuk menjadi seseorang yang lebih baik
5.       Creativity
Semakin tua bumi ini maka semakin banyak permasalahan yang ada di dalamnya. Masalah-masalah tersebut tidak akan dapat terpecahkan apabila manusia yang hidup di dalamnya tidak memiliki pengetahuan dan tentunya juga kreativitas. Kreativitas penting bagi individu agar menciptakan sesuatu yang dapat membuat hidup menjadi lebih berarti.
6.       Compassionate
Inti dari compassionate adalah kita dapat menghargai sesuatu yang dihasilkan oleh orang lain. Rasa iba ini akan menuntun kita menjadi individu yang rendah hati. Tidak mudah mencela hasil kinerja seseorang.

Gabungan dari 6 karakter diatas dipercaya akan menuntun suatu individu menjadi individu yang lebih baik. Apabila kita menilik kembali 6 karakter diatas, apakah kita sudah memiliki 6 karakter tersebut? Let’s think J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar