Selasa, 04 Desember 2012

Resiko Mahasiswa

Setiap transkrip nilai yang baru keluar, hampir semua teman saya berkicau. Kok, saya dapet nilai segini kok saya dapet nilai segitu? Terkadang saya bosan mendengar kicauan mengenai nilai mereka tersebut. Ada beberapa hal yang saya pikir ga sejalan dengan pemikiran saya.

Tetapi, saya pun dulu seperti mereka. Saya terus berkicau mengeluh dengan situasi dan kondisi perkuliahan. Sampai pada suatu waktu, ketika saya menceritakan semua keluhan saya ke temen deket saya, dia dengan enteng ngejawab. “Hei bon, kalo kamu gamau hal kaya gitu terjadi ke kamu, tinggal ga usah kuliah aja kan jadi beres masalah. Tapi kalo kamu mau tetep kuliah, ya itu resiko mahasiswa”

Sekarang coba kita simak beberapa ocehan umum yg sering saya dengarkan :

“Sebel deh ih sama dosen yang seenaknya gonta ganti jadwal.” Helloooo, kalo pengen diogo sama jadwal yg sama udah aja balik ke TK aja.

“Sebel deh ih, ga ngerti tuh dosen ngajarin apa. Tiap dosen ngajarinnya beda semua caranya.” —> hellooo, ga ada kok yang nyuruh kamu ngikutin cara dosen. Coba dong buka beberapa literatur. Tiap rumus kan semua sama, cuma tiap orang pendekatannya yang beda-beda.

“Sebel deh ih dosen ga ngasih kisi-kisi. Mau ngapalin apa ujian nanti?” —> hellooo, kalo mau dapet kisi-kisi apa bedanya sama anak TK yang lagi diajar membaca sama gurunya?
Hahahaha

“Sebel deh ih, udah cape-cape dari rumah taunya dosen ga ada” —> helloooo, hidup ini penuh sama perjuangan bro. Kalo gamau berjuang, jadi aja pengemis yang tinggal minta-minta.

“Kok nilai saya dapet C ya? Padahal kan saya masuk terus” —> hellooo, kalo kamu cuma ngandelin absen yg 100%, itu tuh bobotnya cuma 10% loh dan kamu beruntung dengan 10% kamu bisa dapet C. Kan seharusnya kalo nilai kamu cuma 10 harusnya dapet E.

“Kok nilai saya dapet C ya? Padahal kan saya masuk terus sama tugas ngumpulin terus” —> hellooo, nilai absen yg full tuh cuma 10 ditambah tugas paling 20 ya jadi totalnya 30. Kamu tuh harusnya bersyukur dapet C, kalo nilai segitu sih pantesnya dapet E woooyyy

“kok nilai saya dapet C ya? Padahal kan saya masuk terus, tugas ngumpulin terus, UTS bagus.” —> hellooo, absen full nilainya 10, tugas komplit nilainya 20, kalo UTS kamu “100” berarti nilainya 30. Ya wajar dong, dengan nilai total 60 dapet C. Kalo mau lebih ya nilai UAS harus bagus juga dong.

“Kok nilai saya cuma dapet B ya? Padahal saya ama temen saya sama masuk full, tugas komplit, UTS sama UAS bagus. Tapi kok dia dapet A?” —> ini dia ocehan yg paling sulit buat dijawab. Tapi perlu diingat, mungkin kamu kurang deket sama Tuhan dibanding dia jadi Tuhan lebih mempersulit jalan hidup kamu.
Yaaa itulah mungkin pahit-pahit yang mungkin kita alami selama masa perkuliahan. Bukan maksud menyinggung tapi diatas semua dimaksudkan supaya kita ga nyari kambing hitam atas kegagalan kita. Setiap kegagalan tuh penyebabnya kita sendiri bukan orang lain.

Saya sampai saat ini, terkadang masih mengeluh layaknya diatas. Tapi ya itulah RESIKO MAHASISWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar